5 Jalur Kereta Api Paling Unik di Dunia – Ruwajurai.com

Ketika menaiki kereta api penumpang bis ajuga melihat pemandangan indah di sepanjang perjalanan karena biasanya kereta melewati daerah pedesaan yang disana banyak sawah dan pepohonan rindang lainnya.

Jika kita naik kereta api pasti akan menjumpai hal hal baru di sepanjang perjalanan, seperti pada jalur kereta api berikut ini yang cukup unik. Kereta api masih banyak dijadikan sebagai akomodasi transportasi darat yang paling banyak digunakan. Kereta api lebih cepat dan soal biaya lebih relatif murah dibandingkan dengan angkutan darat lainnya seperti Bus atau angkutan umum lainnya.

Pada jalur kereta api berikut ini ada yang berbeda dari jalur kereta api pada biasanya, untuk lebih jelasnya mari simak ulasannya berikut ini.

1. Pamban Bridge – India

Sumber Foto : Youtube.com

Jalur kereta yang menghubungkan kota Rameswaram dan pulau Pamban ini sangatlah unik, karena jalur kereta tersebut berada diatas laut. Karena berada diatas laut maka sistem jembatan kereta api ini dapat diangkat seperti pada jembatan yang ada di London, Inggris. Pamban Bridge pernah memegang rekor jembatan kereta api terpanjang di dunia.

2. Maeklong Market Railway – Thailand

Sumber Foto : Bangkokpicture.com

Di jalur kereta ini, rel kereta akan melewati pasar yang dimana disitu banyak sekali pedagang dan pembeli yang sedang bertransaksi. Jalur ini akan melewati pasar, ketika kereta lewat maka para pedagang akan merapikan dagangannya agar kereta dapat lewat, setelah keret tersebut lewat para pedagang akan menggelar kembali daganganya. Untungnya saja kereta disana akan berjalan melambat ketika melintasi jalur tersebut.

 

 3. Trans Siberian Railway- Rusia

Sumber Foto : Aswexphot.pro

Ketika melewati jalur ini, para penumpang akan disajikan pemandangan yang sangat indah. Panjang jalur kereta ini mencapai 9.200 KM yang menjadikannya jalur kereta api terpanjang di dunia. Jalur ini tidakn hanya berada di Rusia saja melainkan memiliki percabangan ke beberapa negara seperti Mongolia, Tiongkok dan Korea Utara.

 

 

4. Chongqing Railway – Tiongkok

Sumber Foto : Refinery29.com

Kenunikan dari jalurkereta ini adalah rel kereta akanmelintasi gedung yang ada disana, jadi ketika menaiki kereta masa penumpang akan merasa seperti baru saja menembus gedung. Jalur ini dibuat pada tahun 2004 dan melewati sebuah gedung dari lantai 6-8, jalur ini dibuat dikarenakan kondisi di kota tersebut sudah sangat padat.

 

Apakah kamu ingin mencoba salah satu jalur kereta api diatas? Jika iya ada baiknya kamu siapkan budget yang lumayan,bukan karena tiket kereta tersebut mahal, tetapi karena biaya tiket pesawat untuk menuju kesana tidaklah murah. Jika saja di Indonesia ada jalur kereta api seperti diatas pasti akan mendatangkan banyak wisatawan mancanegara sebaga salah satu destinasi wisata baru di Indonesia.

5.Napier Gisborne Railway – Selandia Baru

Sumber Foto : Pinterest.com

Pernahkan kamu membayangkan ketika naik kereta tiba  tiba ada pesawat yang melintas disebelah kita. Semua itu akan terjadi ketika kamu melintasi jalur kerete Napier Gisborne di Selandia Baru. Karena jalur kereta tersebut melintasi landasan pacu yang ada di bandara Gisborne,ketika sedang melewati daerah tersebut masinis harus mengalah dan menunggu ijin dari pihak bandara untuk melewatinya.

 

Sumber Berita : Awasaja.com, Caping.co.id, Keepo.me