5 Letusan Gunung Mengerikan di Dunia !!

Ruwajurai.com – Tragedi Gunung meletus merupakan sebuah kejadian alam yang tidak dapat dihindar, tidak ada yang pasti mengetahui kapan gunung tersebut akan meletus dari jauh-jauh hari. Penduduk yang berdiam sekitar sana pun hanya bisa menunggu tanda-tanda apabila akan terjadi erupsi vulkanik.

Berikut sahabat Ruwajurai kita akan bahas 5 letusan gunung menerikan didunia , juga terparah sampai mengganggu kegiatan manusia di muka bumi ini…!

5. Gunung Nevaldo del Ruiz, Kolombia

Gunung Nevaldo del Ruiz, Kolombia

Gunung Nevaldo del Ruiz, Kolombia / Ruwajurai.com

Tercatat sebagai gunung meletus terparah ke-dua pada abad ke-20, Gunung Nevaldo d el Ruiz, yang juga dikenal sebagai kejadian di Armero terjadi pada tahun 1985. Bencana ini memakan sebanyak 23.000 korban jiwa. Gunung ini terletak di bagian paling utara, di Tolima, Kolombia. Erupsi tersebut menghasilkan beberapa lahar dan sampai ke Armero. Sebuah kota kecil yang telaknya 70.000km dari puncak gunung tersebut. Erupsi ini juga dikenal sebagai bencana alam yang paling parah di Kolombia, menghabiskan sekitar 1 milyar USD.

4. Gunung Pelée, Pulau Kariba

Gunung Pelée, Pulau Kariba

Gunung Pelée, Pulau Kariba /Ruwajurai.com

Gunung Pelee adalah gunung merapi di Martinique, Pulau Kariba yang pernah dijajah oleh Perancis. Pada 2 Mei 1902, salah satu sungainya, Sungai St. Pierre dipenuhi oleh batuan dan pohon dari gunung dan airnya terkontaminasi oleh belerang. Erupsi dari gunung tersebut mengakibatkan tsunami yang membanjiri kota. Lebih parahnya, salah satu bagian dari gunung tersebut retak, melepaskan air yang mendidih dan lumpur ke sawah dan mengubur orang hidup-hidup. Erupsi tersebut dikenal dengan kejadian yang sangat mematikan pada abad ke 20, membunuh setidaknya 29.000 orang.

3. Gunung Vesuvius, Italia

Gunung Vesuvius, Italia

Gunung Vesuvius, Italia / Ruwajurai.com

Gunung yang terkenal dari Itali, yang merupakan satu-satunya gunung berapi yang aktif di benua Eropa, erupsi pada tahun 79 M. Kejadian tersebut membunuh setidaknya 16.000 orang sampai sesak napas dan mengubur bangunan bersejarah Pompei danHerculeneam. Penggalian lokasi tersebut dimulai pada abad ke 19, yang masih dapat menemukan tulang-tulang korban erupsi vulkanik tersebut. Sampai sekarang, gunung tersebut masih aktif dan diperkirakan erupsi berikutnya akan sangat mematikan, men gancam jiwa sekitar 600.000 orang yang tinggal disekitarnya.

2. Gunung Krakatau, Indonesia

Gunung Krakatau, Indonesia

Gunung Krakatau, Indonesia / Ruwajurai.com

Pulau vulkanik ini, yang terletak diantara Pulau Jawa dan Sumatra ini erupsi pada tahun 1883. Kekuatan erupsi yang diperkirakan 13.000 kali lebih kuat dari bom atom yang diledakkan pada tahun 1945 di Hiroshima. Lebih dari 36.000 orang meninggal pada erupsi gunung tersebut. Erupsi ini memegang rekor suara erupsi paling keras, yang terdengar sampai 4800km dari sumbernya. Selain itu, erupsi tersebut juga mengakibatkan tsunami dengan ketinggian 40 meter, yang menghancurkan pemukiman penduduk dan membunuh hampir 90% dari total orang-orang yang meninggal pada kejadian tersebut.

1. Gunung Tambora, Indonesia

Gunung Tambora, Indonesi

Gunung Tambora, Indonesi / Ruwajurai.com

Erupsi Vulkanik peringkat pertama dan terbesar di sejarah manusia ini terjadi pada tahun 1815, di Pulau Sumbawa, Indonesia. Erupsi yang mematikan 100.000 orang tersebut tidak hanya terjadi sekali, tetapi berselang selama enam bulan, dan 3 tahun. Karena gas yang dihasilkan dari erupsi tersebut sangat banyak, sekitar 400 juta ton, bumi kita ini terselimuti dan mulai sejuk. Yang mana pada tahun 1816, dikenal sebagai “Tahun Tanpa Musim Panas” karena suhu udara yang dingin, membunuh tanaman panen dan kelaparan terjad