Agar Kentutmu Tak Lagi Bau Busuk Ikuti 5 Cara Mudah Berikut

Kamu sering malu karena kentutmu berbau tidak enak.Kentut merupakan hal alami yang terjadi di tubuh manusia. Dan sama sekali tak ada yang aneh dengan kentut. Sebuah penelitian terbaru bahkan mengatakan bahwa setiap individu bisa kentut sebanyak 12 kali dalam sehari.

Kentut terdiri dari gas seperti oksigen, nitrogen, hidrogen, karbon dioksida, dan metana. Jika kentutmu berisi gas-gas ini maka tidak akan jadi bau. Namun jika ada penambahan zat sulfat di dalamnya, kentut pun akan berbau tidak enak karena sulfat berasa dari pembusukkan bakteri yang ada dalam perut.

berikut adalah cara agar kentutmu tak lagi bau:

 

1. Mengubah pola makan
Para ahli mengatakan bahwa 50% dari produksi gas berasal dari udara yang tertelan ketika kamu sedang makan atau minum. Untuk mencegah kentut bau, kunyahlah makanan secara perlahan. Selain itu hindari mengonsumsi minuman yang mengandung soda di dalamnya.

 

2. Kurangi konsumsi makanan berlemak
Dalam rangka mengurangi bau kentut yang mengganggu, kurangi konsumsi makanan berminyak, berlemak, serta mengandung zat pemanis buatan. Sebab kandungan lemak dan minyak akan menyebabkan peningkatan produksi gas di usus. Sementara sorbitol dalam makanan yang mengandung pemanis buatan akan menghasilkan aroma kentut yang bau.

3. Perbanyak makan sayur dan buah
Kandungan serat dalam sayur dan buah tak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan. Namun juga bisa membuat kentutmu jadi tak berbau. Sebab serat akan mencegah akumulasi kotoran di usus yang kemudian menghasilkan bau.

4. Hindari makanan kaya sulfur
Mengurangi konsumsi makanan yang kaya sulfur adalah cara lain untuk membuat kentut tak lagi bau. Contoh makanan tinggi sulfur adalah bawang-bawangan, telur, dan daging merah. Oleh karena itu jika kamu ingin kentutmu tak berbau busuk, kurangi konsumsi makanan di atas.

5. Rajin minum teh herbal
Rajin minum teh herbal ternyata juga bisa membuat kentut jadi tak bau, lho. Sebab kandungan zat alami di dalam teh herbal seperti teh hijau, teh chamomile, atau teh peppermint akan mengurangi bakteri penyebab kentut jadi bau.

Kentut yang berbau busuk memang memalukan. Nah agar kamu terhindar dari hal tersebut, ikuti saran di atas. Selamat mencoba!