Butuh 3 Tahun Untuk Bangun Tembok Perbatasan AS-Meksiko

Ruwajurai.com – Pagar pembatas  yang ingin dibangun Presiden Donald Trump ini rencananya akan menutupi lebih dari 2.000 kilometer perbatasan AS. Ada tiga tahap yang akan dilakukan hingga selesai pada akhir 2020.

Perintah eksekutif untuk membangun tembok perbatasan Amerika Serikat-Meksiko sudah disahkan. Namun, suatu hal mengejutkan melihat angka fantastis dibalik pembangunannya.

Sumber internal Departemen Keamanan Dalam Negeri melaporkan akan digelontorkan dana sebanyak USD 21,6 miliar (setara Tp 287,4). Tak hanya itu, tembok juga direncanakan dibangun dalam jangka waktu 3 tahun.

“Tembok itu kini sedang dirancang,” ujar Trump kepada pejabat penegak hukum.

Laporan dari Departemen Keamanan Dalam Negeri itu rencananya akan dipresentasikan oleh oleh John Kelly dalam beberapa hari lagi.

Besarnya biaya dari perkiraan sebelumnya disebabkan harga tanah yang harus dibebaskan dari kepemilikan pihak swasta meningkat.

Peneliti investasi dari grup Bernstein Research menyatakan biaya material tak terduga untuk pembangunan tembok itu bisa membuat total ongkos yang diperlukan mencapai Rp 333 triliun.