Gulai Gabing dari Lampung yang Menggoda

Kalau kita berbicara makanan khas lampung, belum banyak diatara kita yang tahu apa sih makanan khas daerah Lampung itu. Ada beberapa dari kita yang justru menyebutkan keripik pisang, sedikit yang menyebutkan eruit. Tapi adakah yang tahu tentang kabing/gabing? hah mahluk macam apa itu? salah tulis mungkin daging maksudnya. Tidak, ini kabing makanan khas lampung yang langka karena susahnya mendapatkan bahan baku utama makanan ini.

Kabing merupakan makanan yang bahan baku utamanya terbuat dari pucuk daun kelapa, atau bakal pucuk atau bakal daun serta buah kelapa yang masih muda dan berada di bagian dalam paling atas pohon kelapa. Bagian batang kelapa ini merupakan cikal bakal buah ataupun pelepah daun kelapa, biasanya masih berwarna putih kekuningan.

Kabing biasanya dijadikan gulai, santan merupakan pasangan sejati untuk kabing ini.
Dalam masyarakat adat lampung, makanan ini biasa muncul pada acara membangun atau mendirikan rumah, masayarakat lampung terdahulu biasa membangun rumah dengan memanfaatkan kayu yang ada di sekitar lahan pembuatan rumah, dan salah satunya adalah pohon kelapa. Nah, pohon kelapa ini kemudian di-kabing untuk diambil kabingnya. Gulai kabing ini kemudian dihidangkan kepada seluruh warga masyarakat yang turut membantu dalam mendirikan rumah. Yah begitulah, masyarakat Lampung memang telah mengenal gotong royong sejak jaman nenek moyang, ini tertuang dalam kitap kuntara raja niti yang sebagai pedoman hidup orang lampung (piil pesengiri) yaitu “sakai sambayan” yang artinya hidup bergotong royong.

Mengapa Gulai Kabing kini sangat sangat langka? ini karena kesulitan untuk mendapatkan bahan bakunya, dimana untuk membuat satu “belango” kulai besar gulai kabing, kita harus menebang setidaknya satu pohon kelapa dan butuh setidaknya lima tahun sebelum pohon kelapa tersebut bisa diambil kabing nya dari sejak ditanam. Belum lagi pertimbangan bahwa pohon kelapa akan lebih menghasilkan bila dibiarkan hidup untuk diambil buahnya ketimbang ditebang untuk diambil kabingnya untuk satu kali makan.

Wah, saya rasa ini adalah makanan paling langka di dunia.
Namun apabila anda sudah pernah mencicipi gulai kabing ini, saya yakin anda akan ketagihan oleh rasanya yang khas.

Jika kawan main main ke Lampung atau tinggal di lampung, coba cari tahu tentang gulai kabing yah, siapa tahu kawan kawan beruntung bisa menemukan dan ikut mencicipi makanan lezat nan langka ini.