Lampung Tengah Kembangkan Potensi Biogas

Lamteng. Ruwajurai.com – Bupati Lampung Tengan Mustafa mengatakan dengan masuknya kabupaten tertua di Lampung itu ke tujuh daerah pengembang program biogas, diharapkan dapat membawa dan menyumbang energi.

Terlebih, terkait energi yang berasal dari alam, Lampung Tengah sendiri memiliki sumber-sumber minyak bumi yang masih dipelajari keberadaannya. Setelah itu, dikembangkan lebih lanjut dan dimanfaatkan guna kepentingan masyarakat.

“Jangan sampai potensi yang dimiliki oleh kabupaten ini tidak terpantau dan sia-sia. Makanya, kami sangat berharap sekali potensi yang ada dapat dikelola dengan baik,” kata Mustafa.

Siapa pun yang mengelolanya, kata dia, dapat memberdayakan pengusaha yang ada di wilayah Kabupaten Lampung Tengah dan masyarakat lokal sehingga kehadiran mereka punya manfaat yang berarti bagi Lampung Tengah.

 

Apalagi, Kabupaten Lampung Tengah merupakan daerah sumber sapi. dan saat ini pun pengembangan biogas dari kotoran sapi tersebut sedang digalakkan, terutama daerah yang belum tersaluri listrik, di antaranya daerah Seputihraman, daerah Sendangagung, dan Bangunrejo.

“Target kami, biogas ini dapat menjadi pengganti energi yang efektif dalam kesulitan dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada,” kata dia.
Secara pasti, Mustafa menegaskan tiga sampai empat tahun program biogas yang dikembangkan akan terlihat dampaknya. Sebab, dari jumlah kelompok sapi yang ada tidak terhitung jumlahnya” ujarnya. (PL)