Manfaat Ikut Organisasi Ekstra

Tak semua hal dapat kalian dapatkan dalam ruang kuliah. Kehidupan terlalu luas, dan ruang kelas terlalu sempit. Perlu banyak pelajaran yang harus dipelajari, pengalaman yang harus dialami di luar kelas. Dan organisasi ekstrakampus adalah salah satu wadah untuk belajar lebih banyak. Berikut lima manfaat mengikuti organisasi ekstrakampus.

1. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Jika kampus punya matakuliah yang ditawarkan, maka organisasi ekstrakampus punya sekumpulan nilai-nilai, visi-misi dan strategi yang hendak diperjuangkan. Semua kumpulan tersebut biasanya sering disebut ideologi organisasi.

Selain itu, diskusi-diskusi pastinya inheren dalam organisasi ekstrakampus. Kalian bisa bertukar wacana dengan kawan yang berbeda fakultas. Karena toh cakupan organisasi ekstrakampus yang berskala nasional. Saling tukar buku bacaan juga membudaya kok. Kebayangkan asyiknya ikut organisasi ekstrakampus.

2. Melatih Leadership

leadershipSaat kalian udah berada dalam lingkaran organisasi ekstrakampus, pastinya kalian akan melakukan banyak hal yang berhubungan dengan orang lain, seperti acara-acara organisasi. Acara-acara tersebut melibatkan banyak orang, baik itu sesama anggota organisasi ataupun orang-orang di luar organisasi. Nah, dalam berhubungan dan keterlibatan kalian dengan orang lain, kalian akan berbagi peran. Berbagi peran dalam ngurusi suatu acara inilah latihan leadership sesungguhnya.

 

3. Memperluas Pergaualan dan Jaringan (networking)

Social network schemeCakupan berskala nasional merupakan alasan mengapa ikut organisasi ekstrakampus dapat menambah pergaulan dan jaringan. Tidak sekadar bergaul dengan teman antar fakultas, antar universitas, tapi juga antar daerah dan propinsi. Misalnya, HMI memiliki ribuan kader dan alumni yang tersebar di pelosok negeri; dari Sabang sampai Merauke. Pergaulanmu, pertemananmu dan jaringanmu seluas organisasi ekstrakampus yang kau ikuti. Betul, kan?

 

4. Mengasah Kemampuan Sosial

Ikut organisasi ekstrakampus akan membuat kalian terlatih berinteraksi dengan berbagai macam tipe orang. Tidak hanya teman-teman satu jurusan, fakultas, atau universitas, tapi juga dengan teman-teman dari kampus atau daerah lain. Dengan ini, tentu akan semakin memperluas pemahaman kamu akan berbagai karakteristik orang, sekaligus juga meningkatkan kemampuan interaksi sosialmu.

5. Belajar Menyelesaikan Masalah

Group of cartoon business people holding gearsTentunya, organisasi ektrakampus tak luput dari masalah, terutama masalah internal. Contohnya, kadang ada temanmu yang baper, ada juga yang bawa masalah pribadi ke urusan organisasi, atau konflik kepentingan. Nah masalah-masalah itu tak ditinggalkan, melainkan diselesaikan secara berasama-bersama, dengan musyawarah mufakat. Di situlah, kalian akan belajar menyelesaikan masalah, bukan teori saja lho ya, tapi langsung praktek.

 

Itu aja deh lima manfaat ikut organisasi ekstrakampus. Kalok masih ada yang lain, silahkan ditambahi aja ya, hehe. Sudahlah, tak usah berpikir lama. Langsung ikut aja organisasi! Tak perlu ragu ataupun gusar. Banyak manfaatnya kok