Peluang Menjanjikan Bisnis Budidaya Jamur Tiram Asal Lampung Timur

Ruwajurai.com

Ruwajurai.com

Lamtim, Ruwajurai.com -Siapa yang tak kenal jamur tiram?. Selain ber manfaat bagi kesehatan, ternyata jamur jenis ini mempunyai nilai jual tinggi bila dibudi dayakan dengan tepat. Satu peluang bisnis yang sangat menjajikan.
Budi daya jamur tiram di wilayah pedesaan dinilai cukup menjanjikan karena semakin tingginya permintaan konsumen dan tidak memerlukan tempat yang terlalu luas.Sebagaimana. dilakukan oleh beberapa warga desa Nampirejo, Kec. Batanghari Lampung-Timur. Meski suhu dan iklim desa Nampirejo tidak begitu bisa di prediksi untuk mendukung dengan syarat tumbuh kembangnya jamur mirip tiram ini. Namun berkat keseriusan dan kerja keras, sukses mendatangkan keuntungan berlimpah.

Irfan Nurohim (25), salah seorang petani jamur tiram di Desa Nampirejo, menjelaskan, pihaknya menggeluti pembudidayaan jamur sejak tahun 2015.

Ia mengatakan, Ke depan pihaknya akan terus menularkan bakat pembudidayaan jamur tiram tersebut kepada para muda-mudi di lingkungannya sekaligus menyiapkan wirausaha muda. “Saat ini saya aktif di beberapa organisasi dan saya terus mendorong teman-teman untuk ikut serta mengembangkan jamur atau usaha lainnya,” ujar Irfan Nurohim.


Selain itu, jamur bisa diolah menjadi kripik, sosis dan abon di saat puncak produksi jamur. “Memang pada awalnya di musim puncaknya banyak jamur saya terbuang, tapi sekarang sudah memiliki nilai jual tinggi,” ujar Irfan Nurohim. ( JW Lamtim )