Ternyata di Indonesia ada Pohon Cengkeh Tertua di Dunia

Ruwajurai.com – Tampaknya, inilah salah satu yang membuat Belanda dan Portugis datang menjajah negeri ini, termasuk Ternate yang terkenal sebagai salah satu penghasil rempah-rempah.

Dahulunya, Ternate adalah satu-satunya pulau di dunia yang memproduksi cengkek, itulah yang membuat portugis datang .

Jika pohon cengkeh tertua yang tumbuh di dunia ternyata ada di Pulau Ternate, Provinsi Maluku Utara. Namanya cengkeh Afo. Sebelum akhirnya punah pada tahun 1990-an, cengkeh Afo berusia lebih dari empat abad.

Cengkeh ini tumbuh di lokasi ketinggian 650 meter di atas permukaan laut. Semasa hidupnya hingga 1990-an, cengkeh Afo 1 tetap produktif dan bisa menghasilkan buah cengkeh 600 kilogram untuk satu musim panen.

Data Dinas Perkebunan Propinsi Maluku Utara menyebutkan, cengkeh Afo generasi pertama, kini sudah mati dengan usia yang mencapai 416 tahun. Meskipun Cengkeh Afo 1 sudah punah, namun saat ini pemerintah setempat telah mengembangkan generasi cengkeh varietas yang sama yakni Cengkeh Afo 2, Afo 3, dan Afo 4.

Ketiga pohon cengkeh tersebut tumbuh di lokasi yang sama dengan jarak yang tidak terlalu berjauhan. Pohon cengkeh tersebut tumbuh dengan kekar dan kini dipelihara oleh pewaris generasi ke VI keluarga Arifura Hadi.

Dalam data Dinas Perkebunan Malut, disebutkan Cengkeh Afo 1 memiliki ukuran 36,60 meter. Sedangkan garis tengahnya 1,98 meter. Cengkeh Afo 1 memiliki lingkaran batang yang cukup besar yakni 4,26 meter. Bisa dibayangkan, mungkin butuh beberapa orang dewasa yang saling membentangkan tangan untuk melingkari batang pohon cengkeh tersebut.