Tips Aman Agar dapat Membedakan Kabar Hoax Oleh AJI

Ruwajurai.com – Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI)  Suwarjono, Memberikan beberapa Tips Agar terhindar dari kabar Hoax yang sedang ramai melanda akhir-akhir ini.

“Memilih media mainstream (media yang tervefirikasi) sebagai acuan informasi bukan dari orang-orang yang nggak jelas atau media-media yang nggak jelas,” katanya.

Menurutnya “Hoax itu konten yang biasanya sangat provokatif, judulnya sangat menarik, terus ketiga bombastis, keempat biasanya mengejutkan”.

Suwarjono menyarankan masyarakat bisa menyaring berita dan mengecek kebenarannya sebelum share (menyebar). Selain itu, sumber media pun harus jelas agar mendapatkan info yang valid.

Terdapat empat fase, menurut Suwarjono, yang dipakai masyarakat untuk menerima berita. Pertama mencari melalui timeline media tersebut, melalui mesin pencari di browser, ketiga melalui share.

Keempat adalah melalui rekomendasi orang yang dianggap penting. Menurut dia, saat ini orang lebih percaya pada fase keempat, yaitu terhadap orang yang menyebarkan berita.

“Ketika generasi kita melihat konten tidak dari media yang dikelola dengan benar,” tuturnya.