WR Soepratman pencipta lagu Indonesia Raya

Nama : Wage Rudolf Soepratman
Lahir : 19 Maret 1903
Purworejo , Jawa Tengah, Hindia Belanda
Meninggal : 17 Agustus 1938 (umur 35)
Surabaya , Hindia Belanda
Kebangsaan Hindia Belanda
Putra dari : Joemeno Kartodikromo dan Siti Senen.
Pendidikan : Sekolah Dasar di Jakarta, Normaalschool di Makassar (Ujungpandang)
Karir : Komposer

Yang masih jadi perdebatan adalah tempat dan tanggal lahir WR Soepratman, ada yang berpendapat lahir Jakarta, 9 Maret 1903 dan ada yang berpendapat ia lahir di Porworejo 19 Maret 1903, tapi uniknya 9 dan 19 Maret ( menurut kalender jawa ) hari ( pasaran ) Wage.

Lagu Indonesia Raya
Tidak ada catatan pasti kapan lagu Indonesia Raya diciptakan oleh WR Soepratman. Ada pendapat yang mengatakan kalo lagu ini diciptakan pada tahun 1924 dan ada juga yang beranggapan tahun 1926.

Lagu ini diperdengarkan pertama kali di Kongres Pemuda II, yang melahirkan Sumpah Pemuda pada tahun 1928. Lagu ini diperdengarkan secara instrumental di depan semua peserta kongres. Semua yang hadir terpukau mendengarnya. Dengan cepat lagu itu menjadi terkenal di kalangan pergerakan nasional dan selalu diperdengarkan di setiap kongres yang diadakan oleh partai politik.

Akibat lagu yang diciptakannya ini, beliau diburu oleh polisi Hindia-Belanda. Beliau ditangkap saat menyiarkan lagunya yang berjudul Matahari Terbit, karena dianggap mendukung Jepang dan dijebloskan ke penjara Kalisosok, Surabaya.

Soepratman meninggal pada tanggal 17 Agustus 1938.
Setelah Indonesia merdeka, lagu Indonesia Raya dijadikan lagu kebangsaan.