Zuckerberg Tak Lulus kuliah, Tetapi Menjadi Salah Satu Orang Terkaya di Dunia

Zuckerberg masuk Universitas Harvard, Amerika Serikat, pada 2002 dan tidak pernah lulus dari salah satu kampus top dunia itu. Ia di-drop out oleh Harvard sekitar 2005 karena lebih sibuk membesarkan Facebook, media sosial yang memang diciptakannya di bangku kuliah.

Tetapi Zuckerberg bukan mahasiswa drop out pertama yang berhaisil meraih kesuksesan. Baik Steve Jobs, pendiri Apple, dan Bill Gates yang membangun Microsoft, juga tak pernah menyelesaikan kuliah.

Gates juga bernasib seperti Zuckerberg. Ia menerima ijazah kehormatan dari bekas kampusnya, Harvard, pada Juni 2007 silam. Gates masuk kuliah pada 1977 dan tak pernah lulus.

Mark Elliot Zuckerberg adalah seorang pemrogram komputer dan pengusaha Internet. Ia dikenal karena menciptakan situs jejaring sosial Facebook bersama temannya, yang dengan itu ia menjadi pejabat eksekutif dan presiden.

Mark Zuckerberg, si pendiri dan bos Facebook itu, dikenal sebagai satu dari sedikit manusia tak lulus kuliah, tetapi sukses menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Tetapi status DO dari pundak Zuckerberg akan segera enyah, karena ia akan diberikan gelar sarjana kehormatan oleh Harvard pada Mei mendatang. Dalam kesempatan yang sama dia juga akan memberikan pidato penyambutan bagi mahasiswa dan mahasiswi angkatan 2017.

“Kepemimpinan Mark Zuckerberg telah mengubah sifat pergaulan sosial di dunia. Hanya sedikit penemuan di dunia modern yang bisa menyaingi Facebook dan dampaknya terhadap cara-cara interaksi manusia di seluruh dunia,” kata Presiden Harvard, Drew Faust dalam website resmi kampus.

“Dan hanya sedikit manusia yang bisa menyaingi upaya Mark Zuckerberg untuk mengubah dunia dengan memanfaatkan teknologi dan komitmennya untuk mendorong kemajuan ilmu pengetahuan, pendidikan, serta kerja sosial,” imbuh Faust.